HAL-HAL LUAR BIASA YANG DIDUKUNG OLEH LINUX

Tulisan ini sekedar menginformasikan bahwa sistem Linux itu banyak digunakan di seluruh belahan dunia, dan di segala bidang, hanya kebanyakan kita tidak tahu

Berikut ini beberapa hal luar biasa yang didukung oleh Linux

  • NASA

Anda pasti tahu NASA khan, Badan Penerbangan dan Antariksa (bahasa Inggris: National Aeronautics and Space Administration, disingkat NASA) adalah lembaga pemerintah milik Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas program luar angkasa Amerika Serikat dan penelitian umum luar angkasa jangka panjang.

Penggunaan Linux oleh NASA adalah pembuktian bahwa sistem ini bisa sangat beradapatasi

Dari menyimpan data yang diambil dari satelit dan teleskop, hingga mengolah dan menyajikan data itu ke lembaga penelitian dan masyarakat luas, NASA menggunakan Linux.

  • SPACE ROBOT

Berkaitan dengan tema luar angkasa, apakah Anda tahu bahwa robot humanoid pertama – Robonaut 2 – yang dikirim ke luar angkasa (dan A sekarang berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional di) menggunakan Linux

Pengalaman NASA dengan Robonout-2 ini di stasiun akan, membantu mereka memahami kemampuan dan kemungkinan robot dalam misi luar angkasa di masa depan.

  • The Large Hadron Collider

LHC (large Hadron Collider) adalah adalah pemercepat partikel berenergi tinggi terbesar di dunia, fasilitas percobaan paling kompleks yang pernah dibangun, dan mesin tunggal terbesar di dunia.

Itu salah satu fasilitas penelitian ilmiah paling penting di dunia, dan yang paling mahal yaitu $ 10 miliar. Large Hadron Collider mengandalkan Linux untuk menangani, memproses, menyimpan, dan mendistribusikan petabyte data yang diperolehnya.

  • Smart TVs

Linux tidak hanya memberi daya pada banyak set-top box. Sejumlah produsen TV terkemuka menawarkan pengalaman ‘smart TV’ built-in menggunakan, linux

Dari LG (yang menggunakan WebOS) , Samsung ( yang menggunakan Tizen, Orsay OS), Sharp, HiSense, Philips dan Panasonic ( yang menggunakan FirefoxOS).

  • Instagram (And secara umun seluruh internet)

Saat Anda menelusuri selfie,makanan, dan promosi di Instagram, Anda mungkin tidak terlalu memikirkan apa yang menguatkan pengalaman tersebut.

Dengan lebih dari 1 miliar pemasangan aplikasi instagram di Android, dibutuhkan kekuatan besar di balik layar untuk menangani, memproses, dan melayani jutaan gambar,video,dan komentar, dari setiap akun setiap hari.

Dan kekuatan besar di belakang layar itu adalah linux yang merupakan kekuatan Instagram (dan sejumlah jejaring sosial lainnya)

Bukan hanya instagram, banyak market online yang menggunakan seperti airBNB dan Uber

  • In-Car Entertainment

Dari Tesla Model S sam[aia 2013 Cadillac XTS — banyak mobil yang menggunakan Linux untuk menyalakan sistem infotainment dalam mobil mereka.

  • In-Flight Entertainment

Pernah naik pesawata batik atau Garuda yang tipe boeing?? di beberapa penerbangan ada layanan entertaimentnya berupa layar video di belakang kursi.

Ternyata sistem entertaiment ini dijalankan juga oleh Linux

  • Mobil self Driving (menyetir sendiri atau otomatis)

Prototipe kendaraan self-driving dari GM (General Motors dan Volkswagen, menggunakan linux sebagai sistem navigasinya

  • Sepeda Motor Elektrik Pintar

Mavizen TTX02 adalah sepeda balap bertenaga listrik pertama yang hadir. Untuk mengatur kecepatannya sistem Linux. Sepeda balap electrik ini memiliki port USB dan Wi-Fi untuk memungkinkan umpan balik sistem waktu nyata, penyetelan manual, dan pemantauan lainnya berlangsung.

  • Mesin Cuci Modern

Mesin cuci yang terbaru hadir dengan segala macam fitur mewah, dari timbangan peka beban yang menyesuaikan jumlah air yang dibutuhkan, hingga pencucian yang dapat diprogram pada waktu tertentu. Dan yang menggerakkan sebagian besar otak di atas adalah Linux. Samsung adalah pengguna terbesar dari Linux dalam perkembangan mesin cucinya yang modern

  • Advanced Air Traffic Control

Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat beralih ke Linux pada tahun 2006. Ini menjalankan perangkat lunak yang dibuat khusus untuk mengelola dan menampilkan aliran lalu lintas udara – perangkat lunak yang berjalan di Linux.

  • Kereta Kecepatan Tinggi di Jepang

Shinkansen atau disebut kereta peluru, adalah sebuah jaringan jalur kereta api berkecepatan tinggi di Jepang yang mencapai kecepatan menakjubkan 240-320 km / jam.

Agar semuanya berjalan lancar, Shinkansen menggunakan kontrol lalu lintas terpusat untuk menjaga semua operasi kereta – dan semua tugas yang berkaitan dengan pergerakan kereta, trek, stasiun, jadwal, dll. – jaringan dan terkomputerisasi, dan sistem yang digunakan adalah…LINUX

  • Bursa Efek New York

Pertukaran keuangan dunia sudah lama menggunakan perangkat lunak open-source dan Linux berkat kemampuannya untuk melakukan, bertransaksi dan menganalisis perhitungan, kutipan, harga, dan pesan dengan kecepatan yang signifikan

  • Departemen Pertahanan Amerika Serikat

Departemen Pertahanan Amerika Serikat adalah pelanggan tunggal terbesar Red Hat Linux. Militer Sangat antusias tentang perangkat lunak open source, dengan satu tokoh militer menyebutnya sebagai bagian penting “dari struktur jaringan terintegrasi yang menghubungkan dan memungkinkan sistem komando dan kontrol kami untuk bekerja secara efektif, karena kehidupan manusia bergantung padanya.”

  • Kapal Selam Nuclear

Di tahun 2004 lalu , Lockheed Martin memberi pemerintah AS sebuah kapal selam nuklir yang didukung oleh Red Hat Linux. Linux digunakan untuk memberi daya pada sistem sonar kapal selam.

Tinggalkan komentar